Rabu, 25 Desember 2019

HOMESCHOOLING ANAK DIDIK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI BATAM +6281277731790




HOMESCHOOLING
For Student with Special Needs
(HOMESCHOOLING UNTUK ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI BATAM)
Untuk anak Pra Sekolah - TK - SD - SMP - SMA / Sederajat

For More Information & Registration please contact (Hp / Whatsapp)
+62 812-7773-1790

Whatsapp https://wa.me/6281277731790

Lembaga Psikologi Eureka - BATAM
Ruko Mega Legenda Blok A2 No.33 A - Batam Center - Batam

Metode belajar homeschooling disebut-sebut juga bisa menjadi alternatif terbaik bagi anak berkebutuhan khusus

Setiap anak berhak untuk sekolah termasuk anak berkebutuhan khusus (ABK)


SCHOOL AND THERAPY PSIKOLOGI EUREKA BATAM

I.         SCHOOLING for Children with Special NEED
II.       HOME SCHOOLING

Setiap anak mempunyai hak yang sama untuk mendapatkan pendidikan. Dan, setiap anak sedapat mungkin memperoleh pendidikan yang layak bagi dirinya. Namun, dalam pengalaman di lapangan menunjukkan bahwasanya banyak anak mendapatkan pengalaman kurang menyenangkan selama bersekolah. Sebut saja, kasus Bullying, bentakan dan kekerasan dari guru bahkan pemasungan kreativitas anak. Pengalaman-pengalaman yang kurang berkesan tersebut menimbulkan phobia terhadap sekolah (school phobia) bagi anak dan orang tua.

Kemudian, upaya penyeragaman kemampuan dan keterampilan anak di segala bidang turut mematikan minat dan bakat anak yang tentunya berbeda-beda, karena setiap anak adalah unik. Lebih jauh lagi, kurikulum yang terlalu padat dan tugas-tugas rumah yang menumpuk membuat kegiatan belajar menjadi suatu beban bagi sebagian anak. Melihat kondisi ini, maka perlu dicarikan solusi alternatif bagi anak-anak yang kurang cocok dengan sistem pendidikan formal, salah satu bentuknya adalah kegiatan homeschooling (sekolah rumah). Berdasarkan alasan inilah maka Psikologi Eureka Batam sebagai tokoh pendidikan anak beserta tim, membangun komunitas sekolah rumah yang disebut dengan Homeschooling Psikologi Eureka Batam yaitu sebuah institusi pendidikan alternatif yang senantiasa memerhatikan hak anak atas pendidikan.

Homeschooling adalah sebuah sistem pendidikan atau pembelajaran yang diselenggarakan di rumah. Homeschooling Psikologi Eureka Batam adalah sekolah alternatif yang menempatkan anak-anak sebagai subjek dengan pendekatan secara “at home” atau di rumah. Dengan pendekatan “at home” inilah anak-anak merasa nyaman belajar karena mereka dapat belajar apapun sesuai dengan keinginannya, kapan saja dan dimana saja seperti Ia tengah berada di rumahnya. Jadi, meski disebut homeschooling, tidak berarti anak akan terus menerus belajar di rumah, tapi anak-anak dapat belajar dimana saja dan kapan saja asal situasi dan kondisinya benar-benar nyaman dan menyenangkan seperti “at home”. Maka dalam sistem Homeschooling, jam pelajaran bersifat fleksibel: mulai dari bangun tidur sampai berangkat tidur kembali.

Jenjang pendidikan pada Homeschooling Psikologi Eureka Batam mulai dari tingkat SD, SMP, dan SMA. Pada tingkat SD terdiri dari kelas I sampai kelas VI, pada tingkat SMP terdiri dari kelas VII sampai kelas IX, sedangkan pada tingkat SMA terdiri dari kelas X sampai kelas XII.

PROGRAM PEMBELAJARAN

Komunitas (Kom)
Komunitas merupakan proses pembelajaran klasikal dimana siswa/i belajar dan bersosialisasi dalam sebuah excecutive class. Jumlah siswa/i per kelas dibatasi maksimal 10 siswa/i. Dalam komunitas jadwal belajar ditentukan oleh HSKS. Selain akademik, para siswa pun akan diberikan bekal keterampilan pada hari Jumat (Friday Class). untuk pembelajaran akademik kegiatan belajar dilaksanakan di kelas dan untuk non-akademik tempat pembelajaran menyesuaikan dengan tema yang telah ditentukan.

Distance Learning (DL)
Program Distance Learning merupakan program belajar dengan metode belajar mandiri, dimana siswa akan didukung kurikulum dan bahan ajar (modul belajar). Untuk pendampingan belajar dilakukan oleh keluarga/tutor visit/tutor bimbel/masyarakat dengan tempat dan waktu yang fleksibel (filosofi : belajar dimana saja, kapan saja, dan dengan kapan saja).

Distance Learning (DL) Tunggal
Program Distance Learning (DL) Tunggal merupakan program belajar dengan metode belajar mandiri, dimana peserta didik dapat menggunakan kurikulum yang disediakan dan bahan ajar (modul belajar) berdasarkan referensi yang dianjurkan oleh sekolah. Untuk pendampingan belajar dilakukan oleh keluarga/tutor visit/tutor bimbel/masyarakat dengan tempat dan waktu yang fleksibel (filosofi : belajar dimana saja, kapan saja, dan dengan kapan saja) tetapi pada saat evaluasi belajar diwajibkan hadir ke "HOMESCHOOLING PSIKOLOGI EUREKA"

1.  Jenis-jenis Therapy
Therapy yang diakukan memiliki berbagai jenis, sesuai dengan apa yang dibutuhkan dan perlu ditingkatkan terhadap anak. Jenis-jenis terapi tersebut yaitu :
I.         SASARAN TERAPI
Adapun yang menjadi sasaran terapi adalah:
a.   Autisme
Merupakan anak yang menarik diri secara aktif dari dunia luar ke dunia lain yang diciptakannya sendiri. Gejala anak sulit komuniksi, echoli (membeo), tidak ada kontak perilaku yang tidak terarah, tidak peduli terhadap dunia luar.

b.  ADD (Attention Defisit Disorder)
Anak yang mempunyai masalah atensi namun tidak disertai dengan hiperaktifitas, kurang mengikuti instruksi, ceroboh saat mengerjakan tugas serta sering tidak mendengar perkataan orang lain.

c.   ADHD (Attention Defisit Hyperaktif Disorder)
Gangguan atensi, perilaku impulsive serta mengalami kesulitan dalam konsentrasi.

d.  Learning Disability
Merupakan gangguan yang lebih berhubungan pada aktivitas belajar. Gejala anak kesulitan membaca, menulis, mengeja, dan berhitung.

e.   Down Syndrome
Merupakan anak yang mengalami kecacatan mental, gejala anak yang mengalami kesulitan kognitifi (kecerdasan), afektif (sikap), dan psikomotor (gerak).

f.   Underachiever (anak berbakat yang kurang berprestasi)
Merupakan anak yang memiliki kemampuan yang unggul dan memberikan prestasi yang unggul namun terhambat disebabkan beberpa faktor eksternal dana internal.

g.   ASPERGER
Ciri- cirinya tidak punya kemampuan atau hanya punya kemampuan kecil untuk mengembangkan persahabatan, gerakan- gerakan yang tidak terkondisikan dengan baik, ceroboh, miskin komunikasi non verbal, empatinya kurang, dll.


II.       JENIS TERAPI YANG DIBERIKAN
Adapun jenis terapi yang diberikan adalah:
a.   Relaksasi
Relaksasi adalah teknik yang dapat digunakan semua orang untuk menciptakan mekanisme batin dalam diri seseorang dengan membentuk pribadi yang baik, menghilangkan berbagai bentuk pikiran yang kacau akibat ketidakberdayaan seseorang dalam mengendalikan ego yang dimilikinya, mempermudah seseorang mengontrol diri, menyelamatkan jiwa dan memberikan kesehatan bagi tubuh.

b.  Hipno Children
Merupakan seni komunikasi verbal, intra verbal dan non verbal yang sangat persuasif, bisa disampaikan secara formal dan non formal. Hipnosis formal secara klasik menggunakan langkah- langkah preinduksi, induksi, deepening, pemberian hipnoterapeutik dan terminasi. Sedang non formal bisa beragam cara tidak harus mengikuti urutan formal, kadang tidak nampak mana induksi mana hipnoterapeutiknya.

c.   Psikodrama
Merupakan permainan peranan yang dimaksudkan agar individu yang bersangkutan dapat memperoleh pengertian lebih baik tentang dirinya, dapat menemukan konsep pada dirinya, menyatakan kebutuhan- kebutuhannya, dan menyatakan reaksinya terhadap tekanan- tekanan terhadap dirinya.

d.  Story Telling
Merupakan teknik menceritakan sebuah kisah, pengaturan adegan, event, dan juga dialog untuk memberikan pemahaman yang baik tentang diri mereka sendiri dan orang lain di sekitar mereka. Selain itu story telling yang disajikan dengan gaya yang menyenangkan juga mampu memberi pengalaman baru termasuk didalamnya masalah kehidupan yang ada di lingkungan dan menambah perbendaharaan kata dan bahasanya.

e.   Psikologi Terapan
Merupakan konsep, teori, metode dan juga teknik dalam ilmu pengetahuan perilaku yang digunakan dalam kehidupan manusia di berbagai aspek. Dalam psikologi terapan ini mengandung uraian mengenai psikologi praktis yang


Selain jenis terapi diatas, adapula terapi yang bertujuan untuk merangsang dan mengembangkan 9 kecerdasan yang dimiliki oleh anak antara lain:
a.   Kecerdasan Linguistik (Word Smart)
Kecerdasan Linguistik berkaitan dengan kemampuan anak dalam berbahasa baik dalam bentuk tulisan dan pada saat berbicara. Kecerdasan ini dapat dilihat ketika anak suka membaca, menulis, berbicara, dapat mengeja kata dengan baik dan mendengarkan suka cerita.

b.  Kecerdasan Logika dan Matematis (Number Smart)
Kecerdasan Logika dan Mamtematis adalah kecerdasan yang berkaitan dengan angka dan sains, anak mampu berpikir secara logis dan sistematis serta mampu memecahkan masalah.

c.   Kecerdasan Interpersonal (Self Smart)
Kecerdasan Interposal yaitu kemampuan anak mengatur emosinya dengan baik, memiliki rasa percaya diri yang tinggi serta mampu mengomunikasikan perasaannya dengan baik. Anak dengan tipe ini terkadang ebih suka bermain sendiri.

d.  Kecerdasan Intrapersonal (People Smart)
Anak dengan tipe kecerdasan intrapersonal lebih suka bermain degan banyak orang, anak memiliki empati yang baik, mampu memahami perasaan orang lain, cenderung menonjol dan suka memimpin ketika bermain.

e.   Kecerdasan Musikal (Music Smart)
Kecerdasan Musikal pada anak memiliki ciri-ciri seperti anak suka bernyanyi, menggoyangkan badan ketika mendengarkan musik, cepat mengingat lagu dan suka memukul-mukul seperti bermain drum.

f.   Kecerdasan Spasial (Picture Smart)
Kecerdasan Spasial berkaitan dengan menggambar, mencoret-coret kertas, mewarnai, suka berimajinasi dan  suka bermain balok dengan menghasilkan suatu bentuk tertentu.

g.   Kecerdasan Kinetik (Body Smart)
Kecerdasan Kinetik berkaitan dengan anak yang sangat aktif bergerak, suka berolahraga, menari, menyentuh benda dengan mempelajarinya atau membuat sebuah kerajinan dengan tangannya.

h.  Kecerdasan Naturalis (Nature Smart)
Kecerdasan Naturalis berkaitan dengan alam. Anak dengan tipe kecerdasan ini menyukai binatang, memiiki kepedulian terhadap lingkungan dan suka dengan tanaman.

i.    Kecerdasan Moral (Moral Smart)
Kecerdasan Moral adalah kemampuan untuk memahami tuntutan yang ada dilingkungan, mengetahui apa yang baik dan buruk untuk dilakukan.

2.  Manfaat School and Therapy
School and Therapy bermanfaat untuk meningkatkan kecerdasan anak dalam berbagai bidang sesuai dengan karakter anak tersebut.

3.  Sasaran
School and Therapy ini ditujukan pada anak dengan perkembangan yang normal maupun anak dengan kebutuhan khusus diusia Pra sekolah hingga SMA.



HOMESCHOOLING
For Children with Special Needs
(HOMESCHOOLING UNTUK ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI BATAM)
Untuk anak Pra Sekolah - TK - SD - SMP - SMA / Sederajat

For More Information & Registration please contact (Hp / Whatsapp)
+62 812-7773-1790

Whatsapp https://wa.me/6281277731790

Lembaga Psikologi Eureka - BATAM
Ruko Mega Legenda Blok A2 No.33 A - Batam Center - Batam











pendidikan homeschooling, homeschooling education, kursus batam, batam course, traditional homeschooling, paket homeschooling, program homeschooling, homeschool batam, homeschooler batam, sekolah rumah batam, Homeschooling Batam, Anak Berkebutuhan Khusus Batam, Special Need Children Batam, guru pendamping khusus Batam, Special Teacher, Anak Special, shadow teacher batam, Anak Autis Batam, Batam Autism, belajar mandiri, tutorial mandiri, sekolah formal, sekolah informal, belajar di rumah, sekolah di rumah, sekolah ceria, belajar ceria, sekolah happy, belajar happy, sekolah keluarga, family school, sekolah berbasis minat, sekolah berbasis bakat, minat dan bakat, bimbingan belajar,  tutor pendidikan, Homeschooling special needs students, Sekolah Anak Berkebutuhan Khusus, guru pembimbing khusus, Bimbel, bimbingan belajar, student with special needs, cerdas, kreatif, ceria, pintar, senyum, smile, pendidikan alternatif, batam, barelang, kepri, flexible, innovatif, inisiatif, formal, informal, berkualitas, bergengsi, bermain, play, playing, player, idiot, debil, imbisil, kreatif, ceria, innovatif, biaya homeschooling, review homeschooling, Autisme Homeschooling, Daycare, Homecare, Parenting, Homeschooling umum,  Anak Berkebutuhan Khusus, Difabel, Disabilitas, special needs kids, sekolah anak berkebutuhan khusus, Komunitas Homeschooling Anak Berkebutuhan khusus,

1 komentar: